Beranda Artikel Kesehatan Apa dan Siapa Prodia

Apa dan Siapa Prodia

Lebih dari tiga dasawarsa melayani masyarakat Indonesia.

Berawal dari segala sesuatu yang serba sederhana, Prodia didirikan sebagai laboratorium kecil pada tanggal 7 Mei 1973 di Solo, oleh beberapa idealis yang berlatar belakang pendidikan farmasi. Dalam waktu 35 tahun, Prodia telah berkembang menjadi laboratorium klinik yang terkemuka.

 

Pada saat ini, Prodia merupakan laboratorium klinik yang terbesar di Indonesia. Dengan jaringan 103 cabang yang tersebar di 73 kota, di 25 propinsi, Prodia mampu melayani sekitar 48.000 pelanggan per tahun di seluruh Nusantara. Didukung oleh lebih dari 2700 karyawan yang profesional dan berdedikasi tinggi, Prodia melayani para pelanggannya yaitu para dokter, perusahaan, rumah sakit, perguruan tinggi, perusahaan farmasi, laboratorium serta institusi lain dan masyarakat umum yang membutuhkan jasanya.
Dengan modal manajemen yang tangguh, fasilitas peralatan dan layanan pemeriksaan yang berkualitas, ditambah kemampuan melayanai lebih dari 2000 jenis pemeriksaan, Prodia telah berperan sebagai laboratorium rujukan berskala nasional. Laboratorium Pusat Rujukan Prodia yang berlokasi di Jln. Kramat Raya Jakarta beroperasi 24 jam sehari, melayani rujukan dari berbagai tempat di seluruh Nusantara seperti rumah sakit, laboratorium lain, dan lembaga kesehatan.
Dalam mengembangkan perannya sebagai sarana pelayanan kesehatan, Prodia memfokuskan perhatiannya pada aspek ilmiah. Karena itu perkembangan teknologi dan sains di bidang laboratorium kedokteran senantiasa menjadi bagian dari inovasi, edukasi dan pelayanan Prodia. Dengan latar belakang inilah Prodia memiliki reputasi sebagai laboratorium yang paling aktif menunjang berbagai kebutuhan penelitian kedokteran untuk tujuan akademis, epidemiologis, dan publikasi ilmiah. Untuk uji klinik obat, Prodia juga melayani kebutuhan pemeriksaan laboratorium khusus, yang pelayanannya menjangkau hingga seluruh wilayah Asia Pasifik.

Apa dan Siapa ProdiaKepedulian Prodia yang besar terhadap mutu hasil pemeriksaan dan layanan kepada pelanggan telah membuahkan sertifikasi ISO 9002 pada tahun 1999 yang kemudian ditingkatkan ke versi ISO 9001 : 2000 pada bulan Juni 2003. Pada awal 2008, Prodia cabang Kramat Raya Jakarta berhasil mendapatkan akreditasi ISO 15189. Dengan demikian, Prodia merupakan laboratorium klinik pertama dan satu-satunya di Indonesia,(untuk saat ini) yang memperoleh akreditasi ISO 15189. Program akreditasi ISO 15189 sedang dipersiapkan juga untuk beberapa cabang lainnya. Selain itu, Prodia juga mempersiapkan program Akreditasi Laboratorium Kesehatan dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Landasan usaha untuk menjadi yang terbesar dan terbaik

Untuk memastikan fokus dan arah gerak perusahaan, segenap komisaris, Direksi dan Manajemen Prodia menggariskan Visi dan Misi Perusahaan sebagai berikut :

Visi Prodia

Prodia bertekad menjadi perusahaan terbaik dan terbesar dalam mutu dan pelayanan di bidang kesehatan melalui :

1. Layanan pemeriksaan laboratorium.
2. Layanan diagnostik selain laboratorium.
3. Layanan riset dan uji alat laboratorium.
4. Membangun kemitraan dengan lembaga kesehatan di dalam dan luar negeri.

Selain itu, Prodia harus menjadi pelopor dalam pemeriksaan laboratorium mutakhir, menjadi pusat unggulan (Center of Excellence) untuk ilmu laboratorium kesehatan, dan menjadi pemasok bagi laboratorium dan fasilitas diagnostik lain.

Misi Prodia

“Untuk diagnosa lebih baik dengan layanan sepenuh hati”
Menyediakan layanan diagnosis yang terbaik, diwujudkan dalam mutu hasil pemeriksaan yang akurat, terpercaya dan tepat guna yang memuaskan pelanggan dan semua pihak yang terkait.

“Untuk si-Dia yang bergabung dengan Prodia”
Menjadi wadah usaha dan lingkungan kerja yang membawa kesejahteraan dan memungkinkan aktualisasi diri bagi semua karyawan maupun setiap pihak yang berkepentingan dengan keberadaan Prodia.

Falsafah Usaha Prodia

Selanjutnya untuk memegang teguh etos kerja, pendiri Prodia menggariskan Falsafah Usaha Perusahaan yaitu :

Dalam menjalankan roda usaha, seluruh jajaran Prodia akan selalu mengupayakan mutu yang terbaik, perhatian pada kebutuhan dan kepentingan pelanggan, pendekatan win-win dalam memecahkan setiap masalah yang berkaitan dengan hubungan kerja, menjunjung tinggi integritas serta hubungan antar personal yang serasi, dan memiliki sikap terbuka terhadap perubahan.

Sedangkan untuk membina motivasi seluruh jajaran karyawan dalam perusahaan, dianut semangat The Spirit of Prodia, yaitu :

“Setiap karyawan Prodia dalam bekerja haruslah memiliki semangat yang tinggi untuk :
• Melaksanakan Visi, Misi, dan Falsafah Usaha Prodia.
• Terus mengembangkan diri dan meningkatkan kemampuan untuk meraih sukses.
• Mampu mewujudkan impian dan cita-cita menjadi kenyataan."